BAHAYA JAJANAN SEKOLAH

Cimahi – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi menemukan lima jajanan anak sekolah yang mengandung bahan berbahaya seperti mengandung formalin, boraks, Rhodamin B (zat pewarna tekstil) dan pemanis buatan.

“Dari hasil sidak jajanan sekolah di tiga SD dan satu SMP, terhadap 29 jenis jajanan SD, hasilnya ada lima makanan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, dr Endang Kusumah Wardani, di Aula Gedung A Pemkot Cimahi, Kamis.

Kelima jenis jajanan anak sekolah yang dinyatakan mengandung bahan berbahaya ialah otak-otak yang di dalamnya terkandung formalin, baso goreng (Basreng) yang mengandung formalin.

Kemudian, mi basah, batagor, dan baso tahu yang ketiganya mengandung formalin.

Staf Bidang Farmasi Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Sumiati, menambahkan, khusus untuk makanan batagor dan baso tahu, bahan formalin yang terkandung di dalam dua makanan tersebut, berasal dari ikan yang dicampur dengan bahan lainnya.

“Formalin yang ada di batagor serta baso tahu itu, sepertinya berasal dari ikan yang ada di baso tahu dan batagor,” kata Sumiati, yang ditemui di sela-sela acara “Sosialisasi Bahan Makanan Tambahan” di Aula Gedung A Pemkot Cimahi.

Atas temuan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, mengimbau, agar orangtua murid selalu waspada terhadap jajanan anak sekolah.

Upaya lain yang dilakukan untuk melindungi anak sekolah dari bahaya jajanan sekolah yang mengandung bahan berbahaya ialah dengan menerjunkan tim khusus.

“Kami juga melakukan pemantauan rutin tiap satu bulan sekali ke pedagang-pedagang di sekolah dengan Diskopindagtan,” kata dr Endang.

Pertengahan bulan Juli 2009, Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Jawa Barat, melakukan inspeksi mendadak terhadap jajanan sekolah yang ada di kota itu.

Sidak jajanan sekolah yang dilaksanakan oleh Dinkes Kota Cimahi, dilakukan di empat sekolah yakni SMPN 10 Cimahi, SDN Cibabat Mandiri III, SDN Cimahi Mandiri I, dan SDN Leuwigajah Mandiri I.

Dari sidak yang dilakukan di empat lokasi tersebut, sekitar dua puluh makanan dan minuman yang diduga masih menggunakan bahan berbahaya untuk makanan dan minuman diamankan oleh Dinkes Kota Cimahi.

Puluhan makanan dan minuman yang berhasil diamankan dari hasil sidak tersebut diantaranya bakso, pempek, batagor, es campur, serta saus untuk gorengan.
Badan Pengawasan Obat dan Makanan NTB berhasil merazia seluruh pedagang makanan di 14 Sekolah Dasar di Mataram. Razia juga dilakukan disejumlah kantin sekolah. Sebelumnya, ditemukan jajanan mengandung bahan berbahaya seperti Rhodamin, Boraks dan Formalin.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Mataram Dra Utami Ekaningtiyas mengatakan dalam tiga tahun terakhir sebanyak 32 % produk jajanan anak sekolah yang diperjual belikan mengandung mikroba yang melebihi batas. Bahkan 10 % juga mengandung Boraks, Rhodamin dan Formalin.

Dari hasil pengujian Badan POM Mataram menunjukkan banyak produk jajanan sekolah seperti mie basah, es campur, bakso cilok mengandung bahan berbahaya.

Di Sekolah Dasar Negeri 2 Mataram,Badan POM menemukan mie basah positif mengandung formalin. Formalin adalah larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat menusuk. Formalin biasanya digunakan sebagai bahan perekat kayu lapis dan disinfektan untuk peralatan rumah sakit dan pengawet mayat.

“Formalin sangat berbahaya jika terhirup,mengenai kulit dan tertelan. Akibat yang ditimbulkan berupa luka bakar pada kulit, iritasi pada saluran dan menyebabkan kanker,”kata Utami kepada wartawan di Mataram Senin 4 Januari 2010.

Lebih lanjut dia mengatakan monitoring terhadap jajan anak sekolah dengan sampling dan uji laboratorium terhadap bahan yang beresiko terhadap kesehatan. Bahkan pada awal tahun 2009 Balai Besar POM di Mataram mengoperasikan satu unit mobil laboratorium keliling. Mobil tersebut dilengkapi alat uji cepat untuk diteksi bahan berbahaya.

Selama dua tahun terakhir Badan POM NTB menyita produk berbahaya dan produk ilegal, pangan ilegal senilai Rp400 juta. Mengatasi masalah itu Badan POM NTB sudah berkordinasi dengan sejumlah instansi baik Pemerintah Daerah dan Kepolisian.

About dhitadhizza

Pretty Veiled Girl
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s